[Mengenang Pahlawan] Si Buta Dari Gua Hantu; Sebuah Kisah Luka, Dendam, Dan Pengisi Lubang Hati

asal usul si buta dari gua hantu
395

Tak hanya Gundala, dalam Bumi Langit Cinematic Universe nanti juga akan memunculkan superhero (atau disebut Adi Satria) dari era Warriors, salah satunya sang ahli beladiri silat, Si Buta dari Gua Hantu. Tokoh ini mengingatkan kita pada salah satu superhero Marvel yaitu Daredevil, manusia biasa yang juga memiliki kemampuan beladiri super di tengah keterbatasan panca indra nya. Tentunya banyak yang sudah mengenal tokoh ini, terutama dari serial televisinya tahun 1993 yang diperankan oleh Hadi Leo. Namun bagaimanakah asal usul dari Si Buta?

Baca Juga : Apa itu Bumi Langit CInematic Universe?

Kisah Si Buta sendiri berasal dari komik silat karya Ganes Th pada tahun 1967 yang kemudian diterbitkan kembali pada tahun 2005. Komik ini merupakan pelopor bagi dunia komik silat Indonesia, bisa dibilang pembawa wabah cerita silat khas Indonesia. Cerita asal usul superhero Si Buta yang menjadi pembela kebenaran tak kalah kelam dari kisah Daredevil-nya Marvel.

Patah Hati, Dendam, Rasa Kehilangan Segalanya

Seorang pengembara buta, yang berjuluk Mata Malaikat, entah berasal darimana, kebetulan melintas di kampung tempat tinggal Barda Mandrawata. Kampung yang tentram tiba tiba menjadi onar akibat kehadirannya. Tanpa segan, si ahli golok ini menghabisi siapa saja yang melawan dirinya. Banyak korban berjatuhan, termasuk calon mertua dari Barda, ayah Marni, bernama Ganda Lelajang karena masalah sepele. Yang kemudian Marni pun menjadi salah satu korban Mata Malaikat.

Barda beserta murid murid dari perguruan silat Elang Putih berusaha menuntut balas. Namun semua berhasil ditumpas oleh Mata Malaikat termasuk Paksi Sakti Indrawata, ayah Barda.

Sebelum ajal, Ayah Barda memberikan wasiat berupa rahasia ilmu yang dimiliki Mata Malaikat serta memperingatkan Barda untuk tidak melawannya sebelum menguasai ilmu tersebut.

Related Posts

Sadar diri, Barda yang sudah kehilangan segalanya ; keluarga dan cintanya, mengasingkan diri dari desa demi mempelajari ilmu silat yang bisa membedakan suara tanpa bertumpu pada indra penglihatan. Barda menyepi untuk menguasainya.

Di dalam kesendiriannya karena sudah merasa tidak memiliki apa apa lagi, Barda tak segan melukai kedua bola matanya dengan golok demi mempertajam indra lainnya selain indra penglihatan. Ia menjadi lebih peka tanpa penglihatan. Waktu berlalu, Barda berhasil menguasai ilmu tersebut dan menantang Mata Malaikat dan berhasil menang.

Belum sempat merayakan kemenangannya, Barda diserang oleh orang tak dikenal dan terjatuh ke dalam jurang dan terdampar dalam sebuah gua. Kemalangannya tak sampai disitu, Barda bertemu dengan ular raksasa yang berniat memakannya. Barda mengerahkan seluruh upayanya dan berhasil mengalahkan sang ular. Daging ular tersebut menjadi santapan Barda selama berada dalam gua, kulitnya dijadikannya menjadi pakaian.

Gua tempat Barda terdampar ternyata menyimpan sebuah rahasia, Barda tak sengaja memegang mayat dalam posisi bertapa yang ternyata sudah lama mati disana. Barda menemukan ukiran ukiran gerakan silat di dinding gua yang sepertinya dibuat oleh orang tersebut pada waktu masih hidup. Dipelajarinya semua gerakan dan jurus – jurus di dinding selama beberapa waktu lamanya, lalu Barda meninggalkan goa lengkap dengan tongkat beserta pakaian ular dan monyet yang ditemuinya. Itulah asal usul dari julukan Si Buta dari Gua Hantu yang disandangnya.

Sekeluarnya dari gua Barda menemukan Marni, calon istrinya dahulu masih hidup. Namun bukan bahagia yang dirasa, Marni ternyata sudah menjadi milik orang lain. Marni menikah dengan seorang lelaki bernama Sapu Jagad, yang ternyata adalah orang yang dulu menyerang Barda sampai terjatuh ke jurang. Konflik terjadi, Barda bertarung dengan Sapu Jagad. Tentu saja pertarungan dimenangkan oleh Barda, namun Barda tak sampai hati membunuh pria tersebut. Ia memaafkan. Ia mengikhlaskan Marni untuk menjadi pasangan Sapu jagad.

Sejak itu Barda memutuskan untuk mengembara, mengisi kekosongan hatinya…

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More