Apa itu Bumi Langit Cinematic Universe

Mengenal Bumi Langit Cinematic Universe, Universe Superhero Dari Indonesia

3.298

Dunia superhero sepertinya sedang dilirik oleh para sineas, terlihat dari munculnya berbagai live action yang diangkat dari komik superhero terkenal seperti DC dan Marvel. Kehadiran karakter hero yang diangkat ke layar lebar ini disambut baik oleh masyarakat, terlihat dari jutaan tiket yang terjual sekaligus diberikannya rating tinggi pada film yang mengangkat hero “baru” seperti Black Panther dan Aquaman. Indonesia sendiri juga sudah memulai dengan mengangkat kembali hero – hero lokal dari komik Tatang S hero jaman dulu, seperti Si Buta Goa Hantu, Godam, Gundala, Sri Asih, dan lainnya. Dimulai dengan Wiro Sableng, superhero di kalimat sebelumnya hanya tinggal menunggu gilirannya untuk mendapat panggung di jagad layar lebar.

Para superhero yang melawan kejahatan di layar lebar ternyata tidak berjuang sendirian, mereka saling bekerja sama dengan superhero di dunia atau universe masing – masing. Konsep universe ini digunakan oleh perusahaan komik/film besar untuk mempertemukan para fans dari masing – masing hero ke dalam satu cerita dimana nasib satu hero berpengaruh pada hero lainnya. Tidak kalah dengan Marvel yang punya MCU, DC yang punya DCEU, Kamen Rider yang reunian beberapa tahun sekali (Super Sentai, Ultraman, Metal Hero juga demikian), Superhero Indonesia juga saat ini memiliki wadah, atau dunia yang mempertemukan para hero lokal dalam Bumi Langit Cinematic Universe.

Apa itu Bumi Langit Cinematic Universe?

Universe ini pertama kali dikenalkan oleh Joko Anwar, dalam sebuah postingan instagram pada tahun 2018 silam. Dalam postingan tersebut, Joko Anwar memperkenalkan filmnya yang berjudul “Gundala” yang mengangkat karakter hero dengan nama yang sama, yaitu Gundala Putera Petir. Disitu juga tertulis Bumilangit Studios, tempat dimana para superhero legenda akan diangkat kisahnya kelak.

Bumi Langit cinematic universe

Siapa saja superhero yang terlibat di dalamnya?

Bumi Langit Cinematic Universe

Pada tanggal 24 Januari 2019 silam, telah bocor sebuah gambar yang menunjukkan timeline dari Bumi Langit CInematic Universe. Disana terlihat rencana kehadiran film-film BLCU sampai tahun 2023 ke depan. BLCU akan terbagi dalam dua bagian, yaitu era Patriots dan Warriors, untuk sementara ini kedua era tersebut tidak akan saling bersinggungan satu sama lain. Era Patriots mengambil latar era masa kini yang melibatkan superhero modern yaitu Gundala, Godam, Sri Asih, Aquanus, Maza, dan Tira (Saras 008 dan Panji Manusia Milenium tidak terlibat ya). Sedangkan untuk Era Warriors mengambilkan latar era masa lalu, yaitu era persilatan yang melibatkan Si Buta dan Mandala. Untuk pembahasan masing – masing superhero akan dibahas lain waktu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More