Identitas Harley Quinn Palsu Terungkap di Batman: White Knight

163

Di dalam seri komik Batman: White Knight nomor 2, diperkenalkan bahwa ternyata yang menemani Joker selama ini adalah Harley Quinn palsu, yang memakai kostum seperti Harley versi Margot Robbie di film Suicide Squad. Lalu siapakah identitas asli dari Harley Quinn palsu ini?

Harley Quinn Palsu
Marian Drews (kiri) & Harleen Quinzel (kanan)

Ternyata nama asli dari Harley Quinn palsu ini adalah Marian Drews, seorang teller bank yang depresi, suka mengiris lengannya, bahkan dia mengiris lengannya saat bekerja karena patah hati ditinggal pacarnya.

Kemudian tiba-tiba muncul Joker yang merampok bank tempatnya bekerja. “Tiba-tiba aku ingin hidup. Aku akan melakukan apapun untuk hidup, bahkan jika harus membantunya merampok bank.”, kata Marian.

Marian mengetahui semua kelakuan Joker dari media masa. Tidak ingin mati, dia mengikuti semua kemauan Joker, bahkan memanggilnya “Mr. J”, dengan harapan dia tidak dibunuh. Selanjutnya dia dibawa ke markas Joker dan diberi kostum lama Harley Quinn.

 

Marian sudah siap jika memang harus disiksa, tetapi ternyata Joker malah merawat luka di tangannya. Joker juga tidak mengekangnya, dia boleh pergi kapan pun dia mau, tetapi Marian tidak ingin pergi. Dia juga tidak memiliki alasan buat bilang ke Joker bahwa dia bukan Harleen Frances Quinzel, nama asli Harley Quinn.

 

“Aku tahu ini adalah Stockholm Syndrome, dan ini tidak sehat. Tapi ini adalah satu-satunya kebahagaan yang aku tahu, dan sekarang ini sudah berakhir.” kata Marian yang patah hati setelah Joker kembali ke pelukan Harley Quinzel. Kemudian Marian Drews mengganti identitasnya menjadi “Neo Joker” dan mempunyai satu misi, mengubah Jack Napier alias Joker untuk menjadi jahat lagi dan merebutnya dari Harleen Quinzel.

 

Neo Joker
Marian Drews menjadi Neo Joker

 

Sebelumnya di cerita Batman: White Knight, Joker sudah berubah menjadi baik dan kembali ke pelukan Harleen Quinzel dan ingin membawa perubahan Gotham City ke arah yang lebih baik. Dia mampu meyakinkan warga Gotham bahwa selama ini Batman lah yang sering merusak properti kota dan warga lah yang harus membayar mahal kerusakan tersebut lewat pajak yang mereka bayar. Kondisi mental Batman sendiri memburuk, ditambah dengan kematian Alfred yang memperburuk suasana. Bahkan Batgirl dan Dick Grayson mulai meragukan Batman. Kondisi kepolisian juga mulai terpecah antara yang masih mempercayai Batman dan yang ingin Batman segera ditindak.

Bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Joker jadi baik hanyalah strateginya saja? Mampukah Neo Joker mengubah Jak Napier untuk jadi Joker lagi? Apa yang akan Batman lakukan? Kelanjutannya bisa dibaca di seri selanjutmua dari Batman: White Knight, yang akan berakhir di komik nomor 8.

 

Comments