Cerita Spider-Man 4 Sam Raimi Yang Gagal

2.292

Meski sedikit berbeda dari komik aslinya, Spider-Man versi Sam Raimi tetaplah salah satu film Superhero yang layak diapresiasi. Stan Lee bahkan menyebut bahwa Spider-Man Sam Raimi merupakan film superhero favoritnya. Meski pada akhirnya Spider-Man 3 mendapat hantaman kritik dari para kritikus, performa Spider-Man 3 di Box Office tetap menawan. Spider-Man 3 menghasilkan hampir 900 juta dollar, maka tak ada alasan bagi Sony dan Sam Raimi untuk tidak membuat sekuelnya.

Rumor seputar Spider-Man 4 mulai beredar di internet, hal ini membuat fans sangat antusias. Mereka berharap Spider-Man 4 bisa mengobati kekecewaan mereka terhadap Spider-Man 3. Sayangnya berita yang diharapkan tak kunjung datang. Kabar mengejutkan justru datang dari Sony yang memutuskan untuk me-reboot Spider-Man. Apa yang sebenarnya terjadi ?

Pada Oktober 2008, Sam Raimi sempat berkata bahwa dia dan Tobey Maguire (pemeran Spider-Man/Peter Parker) sudah mencapai kata sepakat untuk Spider-Man 4 dengan pihak studio. Bahkan memulai perencanaan untuk film kelima.

Baca juga : Spider-man baru, Miles Morales

“Itu keputusan Amy Pascal (petinggi Sony). Saya pikir belum ada keputusan pasti (untuk film kelima), Dia salah satu yang punya wewenang untuk memutuskan. Saya sendiri pun penasaran” Kata Sam Raimi pada MTV.

Maret 2009, Sam Raimi berkata pada MTV “Sekarang kami sedang bekerja untuk naskah Spider-Man 4”. Awalnya penulis naskah Spider-Man 1, David Koepp, dirumorkan akan kembali menulis naskah untuk Spider-Man 4. Hingga akhirnya James Vanderbilt yang justru ditawari untuk menulis naskah. Namun karena kesepakatan antara keduanya tidak tercapai, Gary Ross kemudian ditunjuk untuk menulis ulang naskah Spider-Man 4.

Musim gugur 2009. Saat Gary Ross masih merampungkan draft naskah untuk Spider-Man 4, Sam Raimi berkata bahwa syuting direncanakan pada maret 2010. Dia menambahkan, filmnya sendiri akan dirilis pada Mei 2011. Namun dari daftar cast Spider-Man 4 tidak ada nama Kirsten Dunst (pemeran Mary-jane).

“Saya tidak bisa membayangkan film Spider-Man tanpa Kirsten, sebenarnya kami bisa karena karakter Spider-Man bisa hadir tanpa Mary-Jane. Tapi dia adalah salah satu bagian favorit saya dan sangat memalukan apabila dia tidak hadir dalam Spider-Man 4. Saya berharap dia tetap tampil karena saya punya cerita untuk karakternya” kata Sam Raimi ketika ditanya MTV mengenai kehadiran Mary-jane. Namun sampai mendekati akhir tahun 2009 berita mengenai kabar Kirsten Dunst sama sekali tidak terdengar.

Naskah telah selesai dan cerita untuk dua film selanjutnya mulai direncanakan. Sony kemudian melanjutkan dengan mengadakan audisi untuk pemeran Black Cat sebuah pertanda bagus untuk Spider-Man 4.

Namun pada 11 January 2010, sebuah kabar mengejutkan datang seperti dilansir oleh Deadline “Sony Pictures memutuskan untuk me-reboot Spider-Man. Sutradara Sam Raimi memilih untuk keluar karena merasa tidak bisa merilis film sesuai tanggal yang ditentukan. Para pemain juga ikut mengundurkan diri termasuk Tobey Maguire”

Meski tidak pernah berbicara secara langsung, beberapa media melaporkan bahwa Sam Raimi membenci naskah untuk Spider-Man 4. Sam Raimi diberitakan lebih mengedepankan kualitas daripada membuat film yang pada akhirnya dibenci oleh para fans.

Pada maret 2013, Sam Raimi berkata pada Volture “Itu adalah keputusan yang berat. Sederhana saja, Kami punya deadline dan Saya merasa tidak bisa mendapatkan cerita di level dimana saya ingin bekerja”.

“Saya sangat tidak senang dengan Spider-Man 3 dan saya ingin membuat Spider-Man 4 sebagai film Spider-Man terbaik. Namun saya tidak bisa mendapatkan naskah yang tepat, jadi saya berkata kepada Sony ‘saya tidak ingin membuatnya jika tidak luar biasa, jadi kupikir kita tidak harus membuatnya. Silahkan lanjutkan reboot seperti yang sudah direncanakan’ dan Amy Pascal berkata “Terima kasih, terima kasih untuk tidak membuang uang studio saya sangat menghargai kejujuran anda”. Kami berpisah dengan baik-baik, kami hanya ingin membuat yang terbaik untuk fans atas nama Spider-Man dan Sony Pictures”.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More