Tentang Tidak Adanya Superhero Terbunuh Di Civil War

338

Sebelum film Captain America ketiga ini rilis, banyak penikmat film bertanya-tanya superhero mana yang akan terbunuh di film. Banyak karakter yang dirumorkan bakal meninggal seperti War Machine, Iron Man, maupun Captain America sendiri. Setelah fim rilis ternyata tidak ada satupun karakter yang mati. Bahkan War Machine bisa selamat setelah insidennya dengan Vision. Pertanyaan pun muncul soal kenapa tidak ada superhero terbunuh di film Civil War? Apakah Marvel tidak berani mengorbankan salah satu karakternya?

Dalam film Civil War kematian karakter yang penting hanyalah kematian dari Peggy Carter, Crossbones, dan raja Wakanda, T’Chaka. Ketiga tokoh tersebut bukanlah superhero. Tapi di film tentang superhero kematian bisa dengan mudah dipatahkan. Salah satunya adalah “kematian” Nick Fury di Winter Soldier. Jangan lupakan juga tentang Agen Coulson yang dibunuh oleh Loki di The Avengers dan ternyata dia muncul lagi di TV seri Agents of S.H.I.E.L.D.

Joe & Anthony Russo
Joe dan Anthony Russo

Pada sebuah sesi wawancara sebelum screening film Civil War untuk acara awards consideration, salah seorang peserta bertanya soal ini. Presiden dari Marvel, Kevin Feige, dan sutradara dari Civil War, Joe dan Anthony Russo menyampaikan responnya. Berikut pernyataan dari Joe Russo :

“Kami sudah berdiskusi soal banyak karakter yang berpotensi terbunuh di akhir film. Dan kami berpikir hal ini akan mengurangi ketegangan dari film. Film ini berkisah soal perpecahan. Jika ada karakter yang mati maka akan menimbulkan empati, yang mana akan menyebabkan perubahan di hati tiap karakter dan sakit hati mereka akan hilang. Kami tidak mau ini terjadi.”

Di ending film, Steve Rogers dan komplotannya melarikan diri dari Raft dan menghilang. Rogers sempat mengirim surat ke Tony tentang  jika Tony membutuhkan bantuan, dia akan datang untuk membantunya. Kedua kubu memang memiliki perbedaan visi tetapi mereka tidak sebenci itu sehingga harus saling bunuh. Dan jika ada yang mati  malah akan menjadi suatu hal yang tidak masuk akal. Anthony Russo menambahkan pernyataan saudaranya:

“Tragedi dari film ini adalah soal keluarga yang terpecah. Bukan tentang keluarga yang terpecah dan kemudian ada yang meninggal.”

Kevin Feige menambahkan bahwa apa yang terjadi pada Rhodey sudah cukup untuk membuat mereka merasa bersalah.

superhero terbunuh
Foto promo inilah yang membuat fans berspekulasi soal superhero yang terbunuh di Civil War.

Video dan gambar promo Civil War memang membuat fans berspekulasi tentang kematian superhero. Trailer dari Civil War memperlihatkan  Rhodes terjatuh dari ketinggian dalam suit War Machine. Dia benar-benar dalam keadaan yang tidak baik dan banyak fans berpikir Rhodes meninggal dan di akhir film Tony akan balas dendam dan membunuh Rogers. Tentu saja tidak ada satupun prediksi tersebut yang jadi kenyataan dan Rhodes selamat walaupun menderita kelumpuhan.

Comments