Lima Orang Dibalik Sosok Robin Sampai Saat Ini

1.760

Sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia Dc Comic dimana para superhero memiliki seorang sidekick atau pendamping, seperti Superboy untuk Superman, Kid Flash untuk The Flash atau bahkan Harley Quinn untuk Joker. Diantara banyak sidekick dalam DC Comic, Robin mungkin menjadi yang paling populer diantara semua. Robin menjadi salah satu karakter terpenting dalam semesta Batman. Hampir dalam setiap adaptasi Batman selalu menampatkan nama Robin baik dalam bentuk komik, animasi, serial Tv ataupun dalam layar lebar.

Sama dengan Batman, Robin merupakan sebuah simbol dimana seseorang yang menjadi Robin harus memiliki sebuah tanggung jawab, loyalitas dan memiliki teamwork yang baik. Oleh karenanya dalam cerita Batman, Robin beberapa kali mengalami pergantian.

sosok robin
geekandsundry.com

Pergantian Sosok Robin Sampai Saat Ini

1. Dick Grayson

Robin pertama adalah Dick Grayson, Dick merupakan seorang anggota tim akrobat sirkus berusia 8 tahun yang orang tuanya dibunuh oleh seoang bos gangster. Batman awalnya sangat tidak menyukai bekerja dengan orang lain . Namun perlahan-lahan merasa bersimpati kepada Dick, karena dia pernah merasakan kesedihan yang sama seperti yang dialami oleh Dick Grayson. Batman kemudian menjadi orang tua angkat dari Dick dan bersama-sama menyelidiki pembunuh orang tua Dick. Sejak saat itu Dick Grayson menjadi Robin dan mendampingi Batman memerangi kejahatan di Gotham.

comicvine.com

Ketika mulai tumbuh dewasa Dick merasa bahwa sudah saatnya untuk beraksi seorang diri dia pun berhenti menjadi Robin dan naik pangkat menjadi seorang Nightwing.

Baca Juga : Cincin Black Panther Mempunyai Kekuatan Khusus?

2. Jason Todd

Selepas kelulusan Dick Grayson Batman bertemu dengan seorang remaja bernama Jason Todd, hampir sama dengan Dick dia merupakan seorang anggota tim akrobat sirkus. rang tua dibunuh oleh Killer Croc, awalnya Jason membasmi kejahatan dengan menggunakan baju sirkusnya sampai kemudian Dick Grayson memberikannya kostum Robin.

comicbookresources.com

Berbeda dengan Dick, kepribadian Jason lebih emosional seringkali amarahnya justru merepotkan Batman. Meski begitu dalam banyak hal Jason membuat Batman menjadi lebih dewasa. Sayang karir Jason sebagai Robin harus berakhir tragis, dia diculik oleh Joker dan dibawa ke sebuah rumah kosong. Setelah puas memukuli Jason dengan besi, Joker kemudian pergi dan meninggalkan Jason dengan bom waktu. Batman yang sedang dalam perjalanan menyelamatkan Batman terlambat sampai ke lokasi bom pun meledak dan Jason mati.

comicsalliance.com

Kematian Jason Todd merupakan kegagalan terbesar Batman dan meninggalkan rasa frustasi bercampur kemarahan. Dia merasakan kesedihan dan rasa bersalah yang mendalam. untuk cerita lebih lengkap saya sarankan anda menonton Under The Red Hood.

geekandsundry.com

3. Tim Drake

Selepas kematian Jason, Batman bertemu dengan Tim Drake. Tim Drake merupakan penggemar berat sirkus, setiap kali selesai menonton sirkus, dia langsung berlatih akrobat terutama ketika melihat gerakan akrobat dari Dick Grayson dan Jason Todd. Tim Drake secara pribadi menawarkan dirinya untuk menjadi Robin, Batman kemudian meminta Tim Drake untuk mengikuti serangkaian tes dan latihan yang ketat dan keras sebelum akhirnya dirinya diterima menjadi Robin. Tim Drake merupakan Robin yang berbeda dari sebelum-sebelumnya namun sama seperti Dick Grayson setelah dewasa Tim Drake lulus menjadi Robin dan bersolo karir dengan nama Red Robin.

geekandsundry.com

4. Stephanie Brown

Selepas kepergian Tim Drake, sang pacar Stephanie Brown mengambil alih tongkat estafet Robin. Keinginannya untuk menolong orang lain membuatnya menjadi Robin. Sayangnya ketidakmampuannya mengikuti instruksi dan perintah dari Batman membuatnya akhirnya dipecat menjadi Robin. Hal itu membuatnya menjadi satu-satunya Robin yang dipecat.

www.comicbookmovie.com

Meski begitu, Stephanie Brown tidak menyerah untuk menjadi seorang Robin. Dia bertekad membuktikan dirinya layak menjadi Robin. Dia kemudian dengan sengaja mengatur perang antar geng, namun dalam perang tersebut dirinya justru terbunuh. Bertahun-tahun kemudian dirinya terbukti memalsukan kematiannya dan justru menjadi seorang Batgirl.

5. Damian Wayne

Robin terakhir mungkin merupakan Robin paling spesial dia adalah Damian Wayne, Damian merupakan anak biologis Bruce dari hubungannya dengan Talia Al’Ghul. Batman bahkan tidak tahu bahwa dirinya telah mempunyai seorang anak sampai ketika Talia Al’Ghul memperkenalkannya pada Damian yang sudah remaja. Damian sangat mengusai teknik ninja karena dirinya terlatih di League of Shadows. Damian sering kali tidak sepaham dengan sang ayah, Damian tidak kuasa menahan keinginannya untuk membunuh atas nama keadilan.

Sampai saat ini Damian masih menjadi Robin untuk Batman dalam DC Universe, meski sering dirumorkan menjadi Batman selanjutnya. Belum ada cerita pasti yang menggambarkan apa yang akan terjadi pada Damian dimasa depan.

playbuzz.com

Masih ada satu Robin lagi, meski begitu Robin yang satu ini berbeda dengan dengan kelima Robin diatas. Robin ini tidak berasal dari Universe yang sama dengan kelima Robin diatas melainkan dari versi alternatif karena DC sendiri menganut konsep Mutiverse.

Robin dalam versi alternatif ini bernama Carrie Kelley yang hadir dalam komik legendaris The Dark Knight Returns karya Frank Mille, Carrie Kelley merupakan seorang penggemar berat Batman hingga akhirnya dirinya menjadi seorang Robin.

Jadi Robin yang mana yang paling Anda sukai?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More