Lima Musuh Terhebat Batman

5.260

Tidak bisa dipungkiri bahwa Batman adalah salah satu karakter superhero terbaik yang pernah ada. Suka atau tidak, kenyataannya Batman merupakan sebuah ikon budaya yang telah diadaptasi ke berbagai media. Mulai dari serial televisi, film, Video games, dan berbagai macam merchandise yang dijual di seluruh dunia.

Baca Juga : Moon Knight, “Batman” Versi Marvel

Tokoh Batman bukan merupakan satu-satunya daya tarik dari dunia Batman sendiri. Yang menjadi daya tarik dari dunia Batman adalah keberagaman musuh yang dimiliki oleh Batman. Bisa dibilang hampir tak ada superhero lain yang punya musuh se-variatif dan seunik Batman. Hampir disetiap pagelaran Cosplay selalu ada Cosplayer yang munggunakan enemy dari Batman.

Siapa sajakah musuh terhebat Batman dalam dunia Sang Ksatria Malam?

Sebetulnya ada banyak musuh Batman yang legendaris, tapi kali ini kami tampilkan 5 musuh terhebat Batman yang pernah ada.

RIDDLER

Musuh Terhebat Batman

Bernama asli Edward Nygma. Diceritakan bahwa sejak kecil, Edward selalu disiksa oleh ayahnya yang membuatnya sangat membenci ayahnya. Dirinya sangat tertarik dengan teka-teki dan secara perlahan-lahan dirinya memasuki dunia kriminal untuk membuktikan dirinya lebih unggul dari siapapun terutama Batman.

Berbeda dengan musuh batman pada umumnya, Riddler tidak membunuh dengan cara yang sederhana. Riddler lebih mengutamakan sisi intelektual. Ia selalu membunuh musuhnya dengan menggunakan sebuah puzzle dan teka-teki. Yang ingin ditunjukkannya adalah bahwa dia bisa bermain dengan hidup dan mati seseorang. Riddler adalah musuh yang sempurna untuk The World’s Greatest Detective (salah satu julukan Batman). Riddler layak menjadi salah satu dari musuh terhebat Batman.

BANE

musuh terhebat batman
Bane

Bane merupakan seorang narapidana yang kabur dari sebuah pulau penjara di Amerika Selatan. Bane memperoleh kekuatannya dari sebuah eksperimen dengan menggunakan obat terlarang bernama venom. Meski hidup Bane sangat tergantung pada obat tersebut, namun Bane mendapat kekuatan fisik yang luar biasa.

Bane merupakan salah satu musuh paling cerdas dan kuat secara fisik. Penjahat ini juga terkenal sebagai musuh yang pernah mematahkan tulang punggung Batman.

Karakter Bane sendiri sudah beberapa kali diadaptasi ke dalam animasi ataupun film Batman, yang terakhir adalah The Dark Knight Rises besutan Nolan. Sayangnya berbeda dengan karakternya di komik, Bane yang diperankan oleh Tom Hardy tidak menggunakan obat Venom.

DEATHSTROKE

Deathstroke adalah pembunuh paling hebat dan kejam dalam dunia DC Comics. Bernama asli Slade Wilson dia merupakan anggota militer Amerika. Cikal bakal dari Deadpool tersebut merupakan bagian dari proyek tentara super yang dicetuskan oleh pemerintah AS sebuah eksperimen yang dapat meningkatkan kekuatan, kelincahan dan kecerdasan dari para tentara.

Deathstroke merupakan seorang ahli strategi dan taktik. Setelah unit tempatnya bergabung dibubarkan oleh pemerintah AS, Deathstroke lebih memilih menjadi seorang tentara bayaran karena sakit hati dengan perlakuan pemerintah AS. Deathstroke pernah ditampilkan dalam TV Series Arrow dan yang terbaru Deathstroke akan tampil sebagai musuh utama dalam film solo Batman

RA’S AL GHUL

Ra’s al Ghul, adalah Nama Arab untuk “Kepala Setan”. Ia telah hidup selama berabad-abad karena ramuan misterius bernama Lazarus Pit yang mengembalikan kondisi fisiknya kembali muda. Ramuan itu pula yang menghidupkan Jason Todd dari kematian.

Penjahat satu ini adalah seorang guru yang brilian dari strategi dan organisasi. Tujuan Ra’s al Ghul adalah menyelamatkan bumi dari kehancuran ekologi dengan menghancurkan sebagian besar penduduknya. Tak hanya menjadi musuh dari Batman, terkadang dirinya menjadi sekutu dari Batman. Ra’s al ghul pada dasarnya tidak membenci Batman, hanya saja perbedaan pandangan mereka mengenai kebaikan sering bertentangan sehingga membuat keduanya saling berseteru. Ra’s al Ghul merupakan kakek dari anak Batman, Damian Wayne, hasil hubungannya dengan Talia Al Ghul anak dari Ra’s.

THE JOKER

Sudah bisa ditebak siapa peringkat pertama. Anda bahkan tak harus menjadi fans Batman untuk tahu siapa Joker. The Joker adalah musuh abadi dari Batman. Batman tak ingin membunuh Joker karena kode etik dari Batman, Joker tak ingin membunuh Batman karena Batman adalah alasan Joker hidup. Pertama kali diperkenalkan di Batman # 1 (musim semi 1940) dan tetap konsisten populer. The Joker adalah penjahat master dengan penampilan seperti badut. Awalnya digambarkan sebagai sosiopat yang pembunuhan orang untuk hiburan sendiri. Joker kemudian di tahun 1940-an mulai ditulis sebagai penipu-pencuri konyol. Karakterisasi yang terus berlanjut sampai akhir 1950-an dan 1960-an. The Joker bertanggung jawab untuk banyak tragedi dalam kehidupan Batman, termasuk kelumpuhan Barbara Gordon (Batgirl / Oracle) dan pembunuhan Jason Todd ( Robin kedua) serta istri kedua Jim Gordon Sarah Essen.

Joker sudah sering muncul dalam adaptasi film Batman, baik dalam animasi maupun layar lebar. Terakhir Joker tampil dalam Suicide Squad dan diperankan oleh Jared Leto. Penampilan terbaik Joker masih dipegang oleh Heath Ledger dalam film The Dark Knight garapan Nolan. Saking hebatnya, Joker (mungkin) merupakan satu-satunya karakter dari komik yang mendapatkan penghargaan Oscar. Menurut Anda, layakkah Joker menjadi musuh terhebat Batman dari semua yang pernah ada?

 

Baca juga : Enam pemeran Joker sampai saat ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More