Perbedaan Captain America: Civil War Versi Komik dan Film

661

Bagi yang sudah melihat film Captain America: Civil War pasti sudah tahu jalan cerita dan ending dari film tersebut. Tapi apakah film adaptasi dari komik dengan judul serupa tersebut mempunyai jalan cerita yang serupa dengan komiknya? Dari superhero yang terlibat, Tony Stark yang akhirnya mengetahui siapa pembunuh orang tuanya sampai dengan endingnya, berikut beberapa perbedaan tersebut (spoiler alert).

Pemicu Civil War Versi Komik

Di dalam komik, sekelompok superhero muda yang menamai diri mereka The New Warriors mencoba menghentikan segerombol penjahat . Aksi tersebut tidak berjalan lancar karena penjahat super yang bernama Nitro berhasil meledakkan diri dan membunuh tim tersebut termasuk membunuh 600 warga biasa. Hal tersebut memicu disahkannya Superhero Registration Act oleh pemerintah.

Di dalam versi film, pemicu Civil War disebabkan oleh reaksi berantai dari kehancuran yang dilakukan oleh The Avengers di Sokovia dalam film Avengers: Age of Ultron dan insiden yang terjadi di Lagos saat Scarlet Witch menyelamatkan Captain America. Selain itu kemunculan Winter Soldier yang dijadikan kambing hitam atas aksi Zemo turut jadi andil dalam terjadinya bentrok antara Tony Stark dan Steve Rogers.

Penjahat

Di dalam film, pemicu Civil War disebabkan oleh kebencian Zemo yang ingin balas dendam terhadap Avengers atas kejadian di Sokovia, tetapi di dalam komik sama sekali tidak ada penjahat yang berperan karena konflik di komik lebih pada perang ideologi antar superhero. Dan omong-omong soal Zemo, di dalam film dia adalah Kolonel dari Sokovia, sama sekali berbeda dari Baron Helmut Zemo, yang di komik digambarkan sebagai agen Hydra dengan topeng warna pink.

Perbedaan Captain America: civil war
Zemo versi film dan komik

Superhero

Hulk absen baik di versi komik dan versi film. Jika di film Hulk absen karena di film sebelumnya dia memilih mengasingkan diri, di dalam versi komik Hulk ditembakkan ke luar angkasa oleh kelompok Illuminati karena dianggap terlalu berbahaya. Keberadaan Thor di versi film juga ditiadakan, hampir mirip versi komik, walaupun di komik Tim Iron Man menciptakan sebuah cyborg yang mirip dengan Thor, seolah-olah Thor berada di pihak mereka.

Ending dan Kematian Superhero

Di dalam film tidak ada superhero yang meninggal, walaupun sempat ada kejadian dimana Vision tidak sengaja menembak War Machine, menyebabkan Rhodey tidak mampu berjalan dengan normal lagi. Di akhir film Rogers dan Winter Soldier berlindung di negara Wakanda dan Winter Soldier meminta untuk dibekukan kembali sampai dia bisa menghilangkan pengaruh Hydra di otaknya. Hal ini menimbulkan spekulasi di kalangan pencinta Marvel bahwa kemungkinan Winter Soldier akan muncul di film solo Black Panther.

Civil war versi komik
Bromance Rhodey dan Tony Stark

Di dalam versi komik justru Captain America sendiri lah yang mati setelah ditembak dalam perjalanan ke pengadilan negara.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More